Berisi Kumpulan Tutorial Photoshop/CorelDraw/Komputer/Internet, Kumpulan Soal, Kumpulan Materi Perkuliahan, Kumpulan Artikel.

Smudge Art Tutorial V2 by DARa (skintone)

by Dyah Ayu Rahmawati , at 5:27:00 PM , have 64 Komentar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua..
Pada kesempatan yang berdebu ini (dampak erupsi Gunung Kelud) DARa's Share akan berbagi tutorial yang berjudul Smudge Art Tutorial V2 by DARa (skintone).  

Sesuai dengan judul yang tertera di atas bahwa Smudge Art Tutorial V2 by DARa (skintone) ini merupakan
tutorial lanjutan dari tutorial sebelumnya yang berjudul Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula). Dalam tutorial ini DARa's Share akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana caranya membuat skintone agar nampak seperti fantasi sebagai hasil pengembangan yang telah diterapkan serta sedikit menyinggung tentang Background.

Foto atau gambar stok yang akan digunakan oleh DARa's Share pada kesempatan ini adalah foto seorang rekan dunia maya (facebook) yang kebetulan pada saat itu fotonya muncul di beranda DARa's Share dan dia bernama Sri Murni.

Karena tutorial ini merupakan tutorial pengembangan dari tutorial sebelumnya maka cara untuk mengawalinya sama seperti tutorial sebelumnya. Silahkan disimak baik-baik, dan saran saya tutorial ini akan lebih bermanfaat untuk Anda jika Anda menyimak sambil mempraktekkannya langsung.

Tutorial tidak akan berarti sama sekali jika hanya dilihat, dibaca tanpa dipraktekkan. Akan tetapi jika Anda merasa sudah Mahir silahkan dilihat saja karena tutorial ini hanya tutorial untuk orang-orang yang ingin belajar.
Pada tutorial ini saya sarankan untuk menggunakan foto atau gambar stok sendiri agar Anda lebih mudah dalam mengembangkan ide-ide Anda ketika berkarya dalam mengolah foto atau gambar stok menjadi Smudge Art.

Berikut merupakan foto atau gambar stok yang telah disinggung oleh DARa's Share :
FOTO STOK
 Seperti sebelumnya, sebelum memulai silahkan pilih dan tentukan foto yang akan Anda olah menjadi Smudge Art. Karena tutorial ini merupakan pengembangan




dari tutorial sebelumnya maka langkah-langkahnya hampir sama dengan langkah-langkah yang telah ada pada tutorial sebelumnya, namun akan tetap saya sertakan kembali dalam tutorial ini secara singkat dan untuk melihat penjelasan lebih lanjut dalam setiap langkah-langkahnya silahkan buka Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula) pada Tab Baru untuk memudahkan Anda mempelajarinya bersamaan dengan tutorial ini.

*1*
Buka software Adobe Photoshop Anda.
*2*
Setelah software Adobe Photoshop Anda terbuka dengan sempurna, silahkan klik menu File dan pilih Open untuk memilih stok foto yang akan Anda olah .
*3*
Jika gambar atau foto stok sudah terbuka silahkan diduplikasi layer gambar atau foto stoknya terlebih dahulu. Penduplikasian ini hanya bertujuan untuk berjaga-jaga semata jika sewaktu-waktu ada kesalahan dapat langsung memakai Layer lainnya. (Gambar1)
Cara Penduplikasian Layer :
Cara I || klik Kanan pada Layer yang akan diduplikasi kamudian pilih Duplicate Layer.
Cara II || klik menu Layer kemudian pilih submenu New Layer dan pilih sub-submenu New Layer Via Copy.
Cara III || Cara yang paling mudah dan sederhana serta SIMPEL hanya dengan menggunakan shortcut melalui keyboard Anda dengan tekan Ctrl+J
Gambar1 (klik gambar untuk memperbesar)
Jika layer sudah terduplikasi, silahkan mulai mengolah gambar atau foto stok Anda 
*4*
Awali mengolah gambar atau stok foto dengan mengatur detail gambar atau foto stok.
Klik menu Image dan pilih submenu Shadows/Highlights. (Gambar2)
Gambar2 (klik gambar untuk memperbesar)
 *5*
Atur Shadows/Highlights sesuai keinginan Anda. (Gambar3) 
||perhatikan pesan poin *5* yang terdapat pada Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula)||
Gambar3 (klik gambar untuk memperbesar)
*6*
Kemudian pertajam detail gambar atau foto stok dengan klik menu Filter dan pilih submenu Sharpen lalu pilih sub-submenu Unsharp Mask.(Gambar4) 
||JANGAN LUPA LIHAT REFERENSI  Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula) AGAR TIDAK LUPA||
Gambar4 (klik gambar untuk memperbesar)
*7*
Atur Color Balance agar warna lebih menarik dan berbeda dengan foto stok atau gambar asli dengan cara klik menu Image kemudian pilih submenu Adjustment lalu pilih sub-submenu Color Balance.(Gambar5)
||JANGAN LUPA LIHAT REFERENSI  Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula) AGAR TIDAK LUPA||
Gambar5 (klik gambar untuk memperbesar)
 *8*
Setelah itu muncul kotak pengaturan untuk mengatur warna, silahkan atur Keseimbangan Warna (Color Balance) sesuai keinginan Anda kemudian klik OK. (Gambar6)
Atur warna hingga nampak lebih elegan (agak kecoklatan).
Gambar6 (klik gambar untuk memperbesar)
 *9*
Setelah selesai mengatur Keseimbangan Warna atau color balance silahkan pertajam detail foto stok atau gambar dengan cara klik menu Filter kemudian pilih submenu Sharpen dan pilih sub-submenu Unsharp Mask.(Gambar7)

||JANGAN LUPA LIHAT REFERENSI  Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula) AGAR TIDAK LUPA||
Gambar7 (klik gambar untuk memperbesar)
 *10*
Setelah perlakuan diatas maka akan muncul kotak pengaturan, silahkan atur sesuai keinginan Anda dan kemudian klik OK. (Gambar8)

 ||JANGAN LUPA LIHAT REFERENSI  Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula) AGAR TIDAK LUPA||
Gambar8 (klik gambar untuk memperbesar)
 *11*
Setelah itu Seleksi objek untuk memisahkannya dari Background dengan cara klik Pen Tool yang terdapat pada toolbox, kemudian mulai menyeleksi mengikuti alur pinggirang objek yang akan diseleksi. (Gambar9) 
Gambar9a (klik gambar untuk memperbesar)
Gambar9b (klik gambar untuk memperbesar)
Gambar9c (klik gambar untuk memperbesar)
*12*
Setelah selesai tahap diatas, klik Kanan dan pilih Make Selection untuk mengaktifkan status seleksi objek.
Ketika muncul kotak dialog dibawah, isikan Feather Radius dengan angka "1" dan klik atau centang Anti-Aliased, dan setelah itu klik OK. (Gambar10)
Gambar10 (klik gambar untuk memperbesar)
*13*
Nah, seperti inilah tampilan dari gambar atau foto stok yang telah berstatus terseleksi.(Gambar11)
Gambar11 (klik gambar untuk memperbesar)
*14*
Setelah objek berstatus terseleksi, silahkan duplikasi layer tersebut dangan cara yang telah dijelaskan pada poin *3* atau tekan Ctrl+J.
Setelah menduplikasi layer tersebut , klik ikon mata untuk menyembunyikan layer, dan beginilah hasilnya.(Gambar12)

||JANGAN LUPA LIHAT REFERENSI  Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula) AGAR TIDAK LUPA||
Gambar12 (klik gambar untuk memperbesar)

*15*
Setelah itu objek siap untuk diolah.
Untuk mengolah gambar atau foto stok menjadi Smudge Art, pilih Smudge Tool pada toolbox dan silahkan mulai menggosok objek [semakin rapi semakin baik,jangan sampai blur, semakin rata semakin baik karena ini adalah tutorial soft smudge].

||JANGAN LUPA LIHAT REFERENSI  Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula) AGAR TIDAK LUPA||
Jika Anda masih bingung bagaimana caranya menggosok objek agar halus dan rata, silahkan Anda simak Video Tutorial Cara Menggosok dengan Smudge Tool - DARa's Share .

*16*
Disinilah mulai proses membuat skintone menjadi seperti fantasi, yaitu setelah objek telah digosok semua.
Ganti warna Foreground menjadi PUTIH kemudian silahkan buat layer baru diatas layer objek yang telah digosok atau dismudge tadi (misal namakan layer baru dengan X dan layer objek dengan Y). (Gambar13)
Gambar13a (klik gambar untuk memperbesar)
Gambar13b (klik gambar untuk memperbesar)

 *17*
Setelah X (layer baru) terbuat dan diletakkan di ATAS Y (layer objek) serta warna Foreground telah berganti menjadi PUTIH, silahkan klik menu Edit lalu pilih submenu Fill atau Anda dapat menggunakan shortcut Shift+F5 dengan menekannya melalui keyboard.(Gambar14)

Gambar14 (klik gambar untuk memperbesar)
*18*
Setelah proses di atas maka akan muncul  kotak pengaturan yang bertujuan untuk menentukan mode apa yang akan digunakan. Silahkan pilih Use Foreground dan klik OK. (Gambar15)

Gambar15 (klik gambar untuk memperbesar)
*19*
Setelah Anda klik OK maka X (layer baru) yang telah Anda buat tadi akan menjadi seperti ini.(Gambar16)
Gambar16 (klik gambar untuk memperbesar)
*20*
Selanjutnya, silahkan Anda atur oppacity X (layer baru) tersebut menjadi menjadi 50% perhatikan gambar untuk merubah oppacity layer.(Gambar17)
Gambar17 (klik gambar untuk memperbesar)
*21*
Karena tujuan dari tutorial Versi Kedua ini adalah membuat skintone agar seperti fantasi maka daerah dari objek yang akan dibuat skintone adalah area Wajah (kulit) sehingga Anda harus menyeleksi kembali menggunakan pen tool  pada bagian wajah. (Gambar18)
Duplikasi Daerah Wajah yang telah diseleksi kemudian HAPUS X (Layer baru) yang tadinya Anda Proses. # HANYA KULIT yang dibuat SKINTONE, jadi hapus juga sebesar daerah bagian Mata, Alis, Bibir agar tidak mendapat warna putih samar dari hasil duplikasi seleksi wajah tadi.
Gambar18 (klik gambar untuk memperbesar)
*22*
Setelah proses diatas selesai kemudian Beri Shading untuk bagian terang menggunakan Dodge Tool yang terdapat pada toolbox #secukupnya saja, dan hanya untuk bagian terang.
Klik Dodge Tool kemudian atur mode menjadi Midtones dengan oppacity/strength dodge sebesar 15 atau 20. PATOKAN atau PEDOMAN pemberian Dodge atau Shading adalah Foto stok atau gambar aslinya. (HARUS TELITI pada proses ini karena proses ini sangat mempengaruhi dimensi objek,jika Anda keliru atau salah dalam meletakkan atau memberi shading maka hasilnya memiliki dimensi atau bentuk yang tidak sama dengan bentuk aslinya)
 *23*
Jangan Lupa digosok kembali setelah di Shading atau diberi dodge tool agar gradiasi warnanya merata dan lebih halus. Sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini.(Gambar19)
Gambar19 (klik gambar untuk memperbesar)
 *24*
Setelah proses Shading selesai, Silahkan atur Level objek atau foto stock agar terlihat lebih hidup dengan klik menu Image kemudian pilih submenu Adjustment dan klik sub-submenu Level.(Gambar20)
Gambar20 (klik gambar untuk memperbesar)
*25*
Setelah itu akan muncul kotak pengaturan tingkat Level, atur sesuai keinginan Anda. (Gambar21)

Jangan sampai berlebihan dalam pemberian Level karena akan menyebabkan gambar Anda menjadi terlalu gelap dan terlalu kontras atau mencolok.
Gambar21 (klik gambar untuk memperbesar)
Nah, proses mengolah objek telah selesai. Selanjutnya adalah proses megolah Background, mudah-mudahan Anda masih tetap bertahan mempelajari tutorial ini.

Untuk Background, seperti yang telah DARa's Share jelaskan pada tutorial sebelumnya terdapat berbagai macam cara, disini DARa's Share akan memperjelas kembali dengan disertai gambar-gambarnya dari tiap cara pembuatan background.

Untuk mulai membuat background yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah Membuat Layer Baru untuk Background dan meletakkannya di BAWAH layer objek yang telah di olah.

Pertama, dengan teknik Gradient Color (Gambar22)

Tentukan warna yang akan digunakan terlebih dahulu melalui Foreground. Karena ini merupakan teknik Gradient Color maka warna yang digunakan tidak hanya satu warna, dan usahakan untuk menggunakan warna yang senada dengan Objek. setelah itu klik Gradient Tool dan mulai membuat warna gradiaso dengan klik kiri mouse sambil menggeserkannya pada layer baru yang telah Anda buat.
Gambar22 (klik gambar untuk memperbesar)
Kedua, dengan teknik MixerBrush Color. (Gambar23)

Seperti menggosok dengan warna biasa, pilih mode Very Wet agar gradiasinya terlihat halus
klik Mixer Brush pada toolbox dan mulai mewarnai.
Gambar23 (klik gambar untuk memperbesar)
Ketiga, dengan teknik Filter Render clouds. (Gambar24)

Teknik yang satu ini sangat simpel, dan Instan. Untuk membuatnya klik menu Filter kemudian pilih submenu Render dan setelah itu pilih sub-submenu Clouds. Tentu sebelumnya Anda sudah harus menentukan warna apa saja yang akan Anda gunakan melalui Foreground. *namun teknik ini kurang dinamis*

Gambar24 (klik gambar untuk memperbesar)
Dan berikut ini merupakan hasil olahan DARa's Share dalam proses yang telah dijelaskan diatas.
Dan beginilah hasilnya setelah di Save menjadi file JPG :
Nah begitulah cara membuat Skintone dan Background untuk mengolah foto atau gambar stok menjadi Smudge Art.
Demikian yang dapat disampaikan, mohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dalam tutorial ini baik dalam bahasa, cara penyampaian, maupun tulisannya. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mempelajarinya.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Attention!!!
Silahkan mengutip dengan menyertakan Link berikut ini. Mari belajar menghargai hasil karya orang lain ^_^.. Terima kasih atas perhatian dan kejujuran Anda...  
Dyah Ayu Rahmawati
Smudge Art Tutorial V2 by DARa (skintone) - written by Dyah Ayu Rahmawati , published at 5:27:00 PM, categorized as Photoshop , Smudge Art , tutorial . And have 64 Komentar
64 Komentar Add a comment
Kang Untung
Terima kasih untuk tutorialnya yang sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya ini :)
Reply Delete
Hayardin Putra
selamat Siang Mba... wah sangat Lengkap Mba Tutorialnya, saya sangat suka mengikuti Tutorial yang ada screenshootnya seperti yang Mba Buat karena itu sangan memudahkan kita untuk mengikuti Tutorial tersebut...
Reply Delete
Smartan Dad
Very good tutorial. Pls continue to share more!
Reply Delete
Purnomo Jr
luar biasa loh mbak hasilnya..... :)
paling keren deh mbak Dara kalo buat ngedit2 gambar :)
Reply Delete
joe
wah efeknya bagus, seperti lukisan ...
Reply Delete
mahfud ti-c
update pengetahuan dulu ah,,
maksih mba dara uda bagi bagi ilmunya,,,,
Reply Delete
EKA IKHSANUDIN
Jadi pengen belajar tutorial kayak punya nya mba Dara deh hehee ... :)
Reply Delete
Ajay Arghawana
Salam perkenalan dari followers 183, ilmu editingnya sangat bermanfaat. mantap nih buat di coba
Reply Delete
Torascool
wah tutorial yang sangat keren, salam kenal
Reply Delete
Mahfud Zainbrother
ijin menyimak mba,,,
menarik untuk dipraktekan
Reply Delete
Rismawan N
makasih mbak, kurang pandai dalamhal PS
Reply Delete
Heri Assidiqi
Hmmmm.... keren, topbgt deh. epat jmpol buat Mbak Dyah :)
Reply Delete
Obat Sakit
wah gimana nih mbak efek erupsi gunung kelud, masihkah ada sisa2 debu yang berkeliaran ya
apa nama program yg dipakai ini
Reply Delete
Penghuni 60
wow, kok jd antik itu gambarnya ya... jd berkesan klasik
:D

ijin aku catat dulu ya, pengen aku coba.. ditunggu lg trik selanjutnya
Reply Delete
Obat Sakit
pengaturan warna aku kesulitan
terkadang malah jadinya amburadul
Reply Delete
Kakak Reva
Langsung praktek ah :),
tutorialnya sangat jelas,dan lengkap :)
Reply Delete
comtel cell
request yang pake Gimp bos, hehehe....
Rismawan N
nunggu tutorial selanjutnya mbak :D
Reply Delete
Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan
Menarik ne tutorialnya perlu dicoba. makasih gan infonya
Reply Delete
Javas
Ah keren hasilnya jadi pengen nyobain
Reply Delete
Ras Putin
terima kasih mbak Dara, izin bookmark + di buat pdf ya mbak :p buat bacaan pribadi kok :)
tambah terus tutorial nya ya mbak :p
Reply Delete
Obat Sakit
tutorial yang menarik, skintone bisa merubah warna menjadi tampak seperti lukisan di dinding padahal asline juga foto biasa kan
Reply Delete
Smartan Dad
You're good at photo editing!
Reply Delete
handri setiawan
nice pos kak salam kenal semoga makin sukses
Reply Delete
Mawan Cradlez
mampir lagi nih mbak.. :D v3 na di tunggu :)
Reply Delete
Paradise
Photoshop ea.. sip deh wat tricknya... lam knal ea..
Reply Delete
Sherlly Shelviana
hemmm makasih ya mbak buat tutornya
sangat bermanfaaat ;)
maju terus n trus berkarya
Reply Delete
Smartan Dad
This is a good place for me to learn Photo editing!
Reply Delete
Elfrida Chania
Keren ya :)
Jadinya sambil baca, sambil praktek juga hehe :D
Reply Delete
Wisma Bayu
hasil nya mantap sob. jadi bening foto nya ya
Reply Delete
denif
Waah, mantap mbak dara ni programer nya...(y)
Reply Delete
lina@happy families
Keren ya hasilnya, seperti lukisan banget...
Reply Delete
mahfud ti-c
mendisable beberapa service yang tidak dipakeg juga bisa menjadi alternatif agar PC gak lemot
Reply Delete
Wisma Bayu
lumayan panjang juga ya sob tutorilnya. pegen banget belajar potosop tapi belum pnya software. Mohon bantuannya sobatku
Reply Delete
daun kering
mantap tutornya,,foto lebih kelihatan menarik
Reply Delete
Wisma Bayu
lengkap sekali sob tutorialnya. sangat runtut dan penjabarannya mudah untuk dipahami oleh ane. makasih sobat sudah share tutorial photoshop. ane izin belajar di blog sobat
Reply Delete
Syringomyelia
Wah ternyata ini postingan tentang tutorial Photoshop. Mantab mbak
Reply Delete
Mawan Cradlez
wah ganti template nih, dan masih acak2an :D hehe
Reply Delete
Hendrajaya
wah penjelasannya panjang dan detil sekali mba.. trimakasih pencerahannya :)
Reply Delete
Imam Zw
Keren tutorialnya.. Dulu Sy pernah praktek tapi cuma dikasih efek sketch atau smudge aja, gak tau lebih dalem xD Kunjungan balik y ;)
Reply Delete
anto kentut
terimakasih mbak'e lilin kecil
Reply Delete
anto kentut
terimakasih mbak'e lilin kecil atas tutornya
Reply Delete
Mawan Cradlez
jadi sepi,, hehe masih belajar nih :D
Reply Delete
alfalah incampus
wah panjang banget tutorialnya mba dyah,,, smoga jadi tambahan ilmu dan bisa diamalkan,,,
ditunggu kunbalnya... :)
Reply Delete
alfalah incampus
wah,, panjang banget tutorialnya mba diyah,,, smoga bisa menjadi tambahan ilmu dan bermamfaat,,, kalog bole request sekali-kali tutorial vektornya dunk :D
Reply Delete
Harry Boement
mantep iki mbak... sukses ya buat blog nya
Reply Delete
Rezki_Ji
mantap, sayang gk bisa nyoba.
soalnya gk punya foto :D
Reply Delete
Devy Indriyani
bisa mahir photoshop neh gue kalau sering mampir kesini,,hehe

terimakasih sharenya mbak
the djhughiel'z
sama mbak devy,,_
kalau sering mampir kesini bisa jadi ketularan ilmu narsis nya,,_
hehe,,_
Reply Delete

Silahkan utarakan tanggapan Anda terhadap artikel diatas.

Aturan :

1.] DILARANG Menyertakan Link Aktif/Link Mati kecuali di halaman Link Exchange (konfirmasi).
2.] DILARANG SPAMMING.
3.] DILARANG OOT (Out Of Topic) dari artikel diatas.
4.] DILARANG berkomentar jika belum membaca artikel diatas.

Cancel Reply
GetID

Recent Comment

Copyright ©2013 Tutors Kita by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger